11/18/11

Tips Pra Character Making

Yak, untuk info saja *kalau bisa didoakan juga*, saya ingin jadi animator :)
Beruntunglah saya sekarang kuliah di tempat kuliah animator-animator berdasi, jadi saya bisa mengasah kemampuan saya :)

Setelah beberapa kali ikut seminar animasi, baca-baca buku multimedia, diprivat animasi oleh tentor saya, dll, saya mau berbagi tips tentang pra pembuatan karakter ni.

Sebenarnya pada kenyataannya, animator tidak diharuskan pandai menggambar atau membuat karakter. Dalam dunia kerja, pembuatan karakter diserahkan kepada modeller. Tapi untuk tahap belajar, modelling ini penting juga untuk animator. Tips ini diperuntukkan bagi siapa saja yang ingin belajar, entah jadi animator, modeller, atau komikus sekali pun :)

1. Mencotoh dari situasi sehari-hari

Hal yang paling penting untuk dipelajari adalah menggambar manusia. Entah tua, muda, yang tampangnya ganteng, sampai yang berwajah ambigu sekali pun. Bawalah skethbook kemana pun kita pergi. Gambarlah orang-orang yang ada di sekitar kita, lengkap dengan pakaian, aksesoris, dan benda apa pun yang melekat pada orang tersebut.


2. Kumpulkan gambar-gambar referensi

Potongan-potongan majalah, foto, poster, gambar digital, dll bisa dikumpulkan sebagai referensi kita untuk berkarnya. Ini sangat berguna agar kita bisa lebih kaya inovasi. Oh iya, sketch hunting juga ide bagus lho. Pokoknya, kumpulkan referensi sebanyak-banyaknya :)



3. Perkaya ilmu

Baik formal maupun informal. Tidak perlu sampai harus kuliah kok, bisa dengan bergabung dalam komunitas-komunitas animasi atau manga, atau minta ajarin teman. Yang penting pengetahuan kita tentang menggambar bertambah.

Itu dulu tips dari saya, tips yang akan datang tentang teknik-teknik perwatakan gambar karakter. Tunggu saja :)

2 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...