2/2/12

Pacar Baru: Capoeira

Yak, setelah sekian lama petakilan blajar breakdance, akhirnya saya memutuskan untuk bergabung dalam sebuah grup capoeira. Loh, kenapa capoeira?

Info nih buat yang masih asing mendengar kata capoeira. Capoeira adalah seni beladiri dari Brazil yang dipopulerkan oleh para budak Afrika. Gerakan capoeira menyerupai tarian (lebih ke breakdance) dan bertitik berat pada tendangan. Dalam pertarungan (jogo) capoeira sering diiringi alat musik. Nah, karena itu lah saya gabung capoeira. Beladirinya dapet, dance dapet, blajar musik tradisional + nyanyi juga dapet :D

Padahal dulu saya diarahkan untuk belajar wushu oleh babe tercinta, dan beliau memilih adik saya untuk diarahkan ke capoeira. Tapi, setiap orang punya pilihan masing-masing ya. Saya cinta dance, dan suka sekali belajar breakdance (babe saya b-boy :D). Dan adik saya sudah memilih silat untuk digeluti. Jalan sendiri-sendiri deh akhirnya.

Ketertarikan pada capoeira berawal ketika babe sedikit menceritakan apa itu capoeira. Kebetulan, sejak kelas X SMA tiap pekan saya ke UGM karena ikut Forum Lingkar Pena (FLP). Ketika lewat GSP, saya melihat segerombol orang bercelana putih panjang (yang akhirnya saya tahu namanya abada) melakukan gerakan bela diri yang sangat luwes menyerupai tarian. Dalam hati udah nebak mungkin itu yang namanya capoeira. Pas itu sudah ada niat untuk bergabung, tapi berhubung jadwal saya padat *tsaaah* jadi ditunda-tunda dulu deh.

Setelah masuk Amikom ini lah saya mulai benar-benar niat capoeira. Berawal dengan pertemuan saya dengan seorang b-boy wannabe bernama Ferdy. Saya ngedance bareng dia, dan dia bilang pengen ikut capoeira. Setelah itu saya cari-cari info tentang capoeira, videonya (yang awalnya niatnya mau cari tutorial breakdance), dan grup yang ada di Yogyakarta.

gerakan-gerakan capoeira

Dan akhirnya, setelah mempertimbangkan beberapa grupo, saya memantapkan hati di Capoeira Senzala Yogyakarta :D

Tunggu kisah saya selanjutnya tentang Grupo Capoeira Senzala Yogyakarta :) Salve!

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...