7/9/12

Cara Melindungi Artikel Blog dengan MyFreeCopyright

Masih takut artikel di blog/web di copy paste sembarangan? Repot juga ya kalau harus melacak sendiri plagiat dunia maya.

Ini juga saya alami sih. Dulu saya banyak memergoki artikel (yang sebagian besar tentang Amuse dan artis Thailand) dalam blog ini yang dicopy-paste sembarangan tanpa meninggalkan jejak sumbernya. Padahal saya mendapatkan referensi artikel itu lumayan susah. Gusar iya, sedikit. Tapi dulu masih terlalu malas menanggapi hal seperti itu.

Tapi jangan khawatir, ada MyFreeCopyright yang akan membantu Anda dalam pengamanan dari plagiarism.

Untuk menggunakannya, masuk ke web MyFreeCopyright, lalu klik Sign Up for Free.

Isi form dengan lengkap, lalu cek "I agree to the terms of service, protect me now!", dan klik "Protect my Creation Now".

Jika berhasil, akan muncul tulisan seperti ini.

Lalu buka email, dan klik link validasi yang dikirim oleh MyFreeCopyright. Akan terbuka tab baru, lalu klik "Protect my Creation".

Karena kita akan melindungi blog, maka pilih "Blog/Podcast".

Pilih "Blog" pada tipe feed, lalu masukan URL feed blog Anda. Contoh URL feed blog saya "http://feeds.feedburner.com/yayashi-pratama". Klik Protect my Creation Now.


Jika sudah berhasil, akan muncul tampilan seperti ini. Lalu pilih visible code untuk menampilkan badge di blog. Copy script pada kotak, buka tata letak blog, tambahkan gadget script/html, paste script tersebut, lalu save.


Pada blog Anda akan tampil sebuah badge MyFreeCopyright yang menandakan blog Anda teregister dan terproteksi. Contoh pada blog saya seperti di footer blog ini.

Nah, mudah kan? Anda tidak perlu khawatir "kecolongan" lagi. Jika ada penyalahgunaan, notifikasi akan dikirim via email. Jaga baik-baik semua email dari MyFreeCopyright.

Selamat mencoba! :)

3 comments:

  1. Gan kenapa setelah pasang badgenya blog saya tidak bisa dilihat, loadingnya gak selesai-selesai, selain itu hanya sebagian kecil posting saya yang terproteksi.

    ReplyDelete
  2. tapi tetap aja masih bisa di copy artikel nya.. :(

    ReplyDelete
  3. kok tetep bisa dicopas ya artikelnya,
    www.keajaibanwebsite.com/misbah

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...