7/11/12

Tips Diterima Google Adsense

Mungkin di antara pembaca sekalian yang mencoba peruntungan di Adsense pernah mengalami penolakan. Sekali, dua kali, bahkan lebih.

Saya sendiri pernah dua kali ditolak mentah-mentah, dan satu kali ditolak dalam peninjauan kedua. Tapi dalam usaha saya yang keempat kali, akhirnya lamaran saya diterima juga setelah sebelumnya berbenah blog (walaupun ketika itu tidak niat, semangat pudar).

Beberapa teman saya yang masih saja gagal dalam pendaftaran GA bertanya tentang tips-tips diterima. Sebenarnya saya juga tidak terlalu serius dalam berusaha, sehingga agak bingung ketika ditanyai tips. Tapi saya jawab saja sekadarnya, sesuai kapasitas pengetahuan dan yang saya alami. Inilah tips-tips diterima Google Adsense ala saya:

1. Tampilan Blog

Sebaiknya gunakan tampilan blog yang sederhana saja. Jangan terlalu banyak menampilkan embel-embel seperti gambar-gambar yang tidak perlu di sidebar, template yang terlalu ruwet, penggunaan tema blog yang amburadul, dan sebagainya. Templatenya minimalis saja, pakai yang satu sidebar. Dekorasi temanya jangan tabrak lari, jangan membuat mata sakit, dan terlalu berat diload. Saran saya sih gunakan maksimal 5 warna dalam tema, sebisa mungkin warna-warna yang cepat loadingnya seperti putih atau krem. Isilah sidebar yang sewajarnya saja dengan tujuan pengoptimalan penelusuran/navigasi blog Anda. 

2. Konten Blog

Isilah blog Anda dengan artikel-artikel yang berkualitas, menarik, dan original. Jangan konten yang menyinggung SARA, konten dewasa, perjudian, konten yang mempunyai hak cipta, konten kekerasan, dan kebencian. Jangan menggunakan kata kunci yang berlebihan dan tidak relevan hanya untuk membuat pengunjung 'tersesat' di blog Anda.

Jangan tampilkan iklan dari PPC lain (apalagi yang kontra dengan Google) secara berlebihan, atau kalau bisa malah jangan ikuti iklan selain Google jika ingin aman. Jangan menempatkan kode/link tersembunyi pada konten.

Setidaknya dalam blog Anda harus ditambahkan halaman tentang, kontak, dan kebijakan privasi.

3. Konsisten dan Sabar

Maksudnya, konsistenkan dulu untuk memposting artikel paling tidak seminggu sekali. Sabar menunggu usia blog Anda minimal enam bulan (sepertinya tidak harus, tapi oleh Google disarankan). Jumlah artikel disarankan lebih dari sepuluh. Jangan lupa untuk mempromosikan blog Anda ke teman-teman dekat, lewat jejaring sosial, dan lain-lain, untuk menarik pengunjung. Bisa juga dengan blog walking sana-sini, ikut forum-forum, dan kegiatan lain yang memungkinkan Anda mengenalkan blog Anda kepada publik. Tapi jangan maksa dan jangan menyebar spam!

4. Daftar ke Google Adsense!!

Nah, ketika langkah-langkah di atas sudah dilakukan dengan baik, sekarang saatnya menguji kelayakan blog Anda untuk menampilkan iklan Google! Baca baik-baik semua persyaratannya, patuhi TOS-nya. Setelah Anda benar-benar pede dan mantap, barulah daftarkan blog Anda. Ingat, isilah form dengan jujur dan sebenar-benarnya!

Nanti akan ada email balasan yang menyatakan blog Anda akan ditinjau. Lalu email kedua mengumumkan hasil tinjauan pertama, lolos, atau tidak. Jika lolos, kode iklan sudah bisa dipasang di blog, namun belum akan ditampilkan karena masih ada peninjauan kedua. Nah, dalam peninjauan kedua ini Anda harus menunjukan keseriusan Anda ngeblog. Tetap konsisten untuk posting! Biasanya seminggu kemudian iklan akan tampil di blog Anda tanpa pemberitahuan via email. Itu kalau diterima.... Kalau tidak diterima, Anda akan diberitahu via email.

Setelah diterima, barulah pusing-pusing memikirkan bagaimana agar pengunjung mau ngeklik iklan di blog kita (secara natural) hehehe...
Selamat mencoba :D

8 comments:

  1. aku ditolak sekali, belum nyoba lagi ~o~
    besok coba lagi aah~
    thanks ya laras tipsnyaa xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe... sama2 sarah..
      semangat! ^^

      Delete
  2. setuju. emang saratnya harus sabar dan banyak ber Do'a

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyap, nggak semudah yg dibayangkan emang... hehe

      makasih sudah berkunjung...

      Delete
  3. Google Adsense perlu pake rekening?
    ad hasilnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau paymentnya mau pake paypal ya harus punya rekening. tapi biasanya pada pake western union.
      belum ada hasilnya, baru beberapa hari ini ketrimanya hehe ^^v

      Delete
  4. Terimakasih atas Infonya..
    ini termasuk Blogwalking
    http://updater-blog.blogspot.com

    ReplyDelete
  5. klo pke rekening mandiri bisa nga mas??

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...