7/19/13

Mengembara di Tana Samawa Part 2

Oke.. Hari ini saya diajak Abah ke Sumbawa Besar, ibukota Kabupaten Sumbawa. Kami harus menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam untuk ke sana. Hanya untuk membeli bibit jagung!

Awalnya saya pikir perjalanan ke sana akan sangat melelahkan.. Naik motor 1,5 jam ditambah masih kecapekan juga.. Tapi ternyata sepanjang perjalanan mata saya dimanjakan oleh pemandangan-pemandangan alam yang terlalu bagus untuk tidak dilihat. Mulai dari pantai-pantai tanpa tuan yang airnya terlalu biru, laut utara yang luasnya tidak terkira, pangkalan minyak Pertamina yang kapal-kapalnya bikin heran, peternakan udang yang ukuran dan harga udangnya bikin saya ngiler di pinggir jalan, hutan-hutan yang wow, kampung-kampung yang unik, dan sepanjang jalan utama yang terlalu mulus... Benar-benar aspalan mulus lus lus dari awal sampai akhir!

Tak terasa kami tiba di Sumbawa Besar juga. Kawasan padat penduduk dan mobilisasi yang jauh lebih tinggi dari daerah sekitar Alas. Mengingatkan saya dengan kepadatan Jawa. Polusi udara juga hampir sama. Tapi di sini tidak macet, dan ruang terbuka hijau sedikit lebih banyak.

Setelah membeli bibit, kami singgah sebentar di rumah Om saya karena Abah mau sholat Jumat. Setelah itu kembali ke Alas. Kami menyempatkan diri untuk menepi di pantai tanpa tuan yang sebenarnya sudah pernah dikelola untuk dijadikan objek wisata. Tapi karena manajemennya buruk, jadi sangat tidak terurus. Padahal sudah ada fasilitas-fasilitas seperti mushola, toilet, pusat informasi, dan lain-lain yang sudah dibangun... Kata Abah, orang-orang sini bisa mendirikan tapi masih sangat buruk dalam pengelolaan. Tak heran sangat banyak spot-spot wisata yang sudah dibangun, tapi terbengkalai saja...




Kami berhenti di jalan untuk membeli jagung rebus yang kata Abah rasanya berbeda dari jagung di Jawa. Setelah itu menuju dermaga lama yang terletak tak jauh dari rumah kami. Di tepi dermaga itu ada rumah saudara kami, dan akhirnya kami buka puasa di sana.


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...